Kreativitas dan Keberbakatan (Tulisan 1)



1. Tusuk Gigi Pendeteksi Boraks
Dari ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014 baru-baru ini, dua pelajar muslimah,  Luthfia Adila (17) dan Dayu Laras Wening (17), siswi kelas XII SMA N 3 Semarang berhasil memperoleh medali emas setelah penemuan mereka berhasil mengalahkan pesaing-pesaing lain dari manca negara.

Sumber: http://www.dakwatuna.com


  • Tanggapan:
Menurut saya alat ini adalah penemuan yang inovatif dan sangat kreatif. Karena dengan SIBODEC (Stick Of Borax Detector) kita dapat menditeksi borax pada makanan hanya dengan 5 menit. Menurut saya alat ini sangat unik, sederhana, praktis, dan ekonomis tapi sangat besar manfaatnya. Dengan diciptakannya alat ini masyarakat awam juga bisa dengan mudah mengaplikasikannya tanpa melakukan penelitian di laboratorium. Sehingga masyarakat terutama ibu-ibu bisa memilih makanan yang aman dan sehat untuk keluarganya. SIBODEC merupakan salah satu penemuan hebat yang sangat membanggakan dan patut diberi penghargaan. Pesan saya semoga pemerintah dapat menyediakan media/ruang yang bebas bagi para ilmuan-ilmuan muda agar dapat mengembangkan bakat dan kreatifitas mereka.

2. Ada pernyataan yang mengatakan bahwa:
“Anak laki-laki menunjukkan kreativitas yang lebih besar daripada anak perempuan 
terutama setelah berlalunya masa kanak-kanak

  • Tanggapan:
Saya setuju dengan pernyataan diatas karena menurut saya anak laki-laki lebih berani mengambil resiko untuk mengeksplor kreativitas mereka. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia yaitu faktor hereditas atau keturunan, faktor lingkungan dan faktor kematangan. Menurut saya gender, kematangan berfikir serta cara kerja otak pada seorang individu juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh.

Menurut saya cara berpikir anak perempuan lebih didominasi oleh otak kiri, oleh sebab itu anak perempuan cenderung untuk lebih hangat, sopan, peka dan emosional. Sedangkan cara berpikir anak laki-laki lebih didominasi oleh otak kanan, sehingga anak laki-laki lebih mandiri, stabil, dominan, dan impulsif untuk menunjukkan inisiatif dan orisinalitasnya. Jadi menurut saya anak laki-laki lebih mempunyai kreativitas yang tinggi. Contohnya seperti mengotak-atik elektronik, kendaraan bahkan lebih kreatif dalam melakukan berbagai hal daripada anak perempuan.

Namun bukan berarti anak perempuan tidak memiliki kreativitas yang tinggi seperti anak laki-laki. Menurut saya setiap anak mempunyai kreatifitas tersendiri hanya saja kadar/tingkat dan bidang kreativitasnya yang berbeda-beda. Serta bagaimana individu tersebut bisa mengembangkan bakat kreativitas dalam dirinya.





Gambar terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda