Mengidentifikasi Bakat Anak (Tulisan 3)


Profil Anak
Nama               : Adinsa Nur Afida
Umur               : 7 tahun
Tanggal lahir   : 5 Juli 2007

Adinsa memiliki berbagai bakat diantaranya bernyanyi dan menggambar. Perkembangan kedua bakat itu sangat menonjol karena sering kali ia tunjukkan didepan orangtuanya. Perkembangan bakat menggambar terlihat karena dia sering menggambar rumah, buah-buahan, pemandangan, dll, dengan penggambaran dan percampuran warna yang cukup baiik untuk umur 7 tahun ini. Disamping menggambar Adinsa juga dapat bernyanyi dengan gaya yang ia miliki, ia cukup lincah dalam hal menyanyi ini karena disertakan gayanya. Yang sering ia lakukan jika sedang bernyanyi yaitu merekam dirinya sendiri dengan menggunakan handphone yang dimiliki sang ibu, kemudian dengan kepercayaan dirinya yang tinggi dia mampu mengekspresikan bakat yang ia sukai dan mengikuti artis yang juga ia sukai. Dirumah juga dia suka menggambar dan bernyanyi jadi bakat yang ia miliki ini bukan hanya ia tunjukkan disekolah tetapi dirumah juga, tetapi yang sering ia tonjolkan disekolah yaitu bakat menggambarnya.

Perkembangan fisik yang Adinsa miliki cukup baik dan seimbang, tetapi badannya mungkin lebih kecil/kurus dibanding teman yang lainnya karena ia kurang suka makan. Tetapi dia tumbuh kembang seperti anak umum lainnya. Selain itu perkembangan kognitifnya yang bagus & baik karena disekolah ia memiliki prestasi yang cemerlang yaitu peringkat ke 6, dalam hal pelajaran memang dia pintar dan cekatan ini terlihat dari sifat dia yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya disekolah, dia selalu mengerjakan PR dirumah meskipun terkadang dengan bantuan orangtuanya.

Dalam hal komunikasi pun dia sangat baik jika berbicara dengan orang yang lebih dewasa darinya. Perkembangan bakat yang dia miliki juga didukung oleh perkembangan sosialnya disekitar, mengenai perkembangan sosial Adinsa ini sangat baik karena dia dapat dengan mudah beradaptasi dan berinteraksi sosial dengan teman sebaya dan tetangga sekitarnya. Ini terbukti dari Adinsa yang memiliki banyak teman dari lingkungan rumah dan lingkungan disekolah. Tetapi terkadang dia suka galak/jutek terhadap orang yang menjahatinya karena mungkin ia merasa tidak suka/tidak nyaman dengan hal itu. Terkadang juga sikapnya terlalu berlebihan seperti misalnya ia suka genit/jail terhadap lawan jenisnya, ini mungkin karena factor orangtuanya yang membiarkan dia untuk menonton program televisi yang ia sukai, dan mungkin dia menyukai program televise yang bukan untuk umurnya. Disamping itu semua Adinsa masih bisa dikategorikan anak berbakat yang masih perlu untuk dikembangkan lagi.


Hasil gambar untuk bakat anak

0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda