Tugas 4 : Manusia dan Penderitaan


Indonesia merupakan negara yang bisa disebut sering terjadi bencana alam. Mulai dari bencana alam banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, gempa bumi sampai gunung meletus. Salah satu penyebabnya yaitu dari keadaan alam Indonesia itu sendiri. Ternyata Indonesia merupakan negara yang dilalui pegunungan lipatan muda Mediterania dan juga Sirkum Pasifik. Akibat dari pertemuan dua pegunungan lipatan muda tersebut, serta wilayah yang sebagian besar terdiri dari perairan, membuat Indonesia rentan terhadap berbagai bencana

Tapi tak jarang juga lho, penyebabnya dikarenakan kelalaian manusia itu sendiri & kurangnya rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar ataupun alam. Seperti membuang sampah tidak pada tempatnya, atau Illegal logging yang dapat menimbulkan bencana banjir. Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia pada musim penghujan. Hampir semua dataran rendah di Indonesia pernah merasakan bencana banjir. Hal ini dikarenakan hujan yang terus turun tanpa jeda, dan semakin berkurangnya daerah resapan air seperti hutan.

Masih ingat tragedi tanggal 26 Desember 2004? Iya, benar sekali, Tsunami. Ya, kita semua tau itu bencana paling buruk yang pernah terjadi di negeri ini, atau bahkan di Dunia. Bendera setengah tiang telah melambangkan betapa negeri ini sedang dirundung duka yang mendalam.

Menurut saya bencana alam adalah sebuah teguran, jadi kita harus mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang telah terjadi di Aceh 2004 silam. seperti cara mencegah, mengantisipasi & sikap siap sigap setelah terjadi bencana. Kapan terjadinya bencana memang tidak ada yang tahu, tapi alangkah baiknya jika kita berusaha untuk mencegah. Contohnya dengan membuang sampah pada tempatnya, melakukan reboisasi, menerapkan tebang pilih, pemerintah dan masyarakat juga harus saling bekerja sama agar tercipta lingkungan yang nyaman dan aman.


Sebagai warga indonesia jelas saya sangat miris melihat bencana yang terus terjadi di Negara kita tercinta ini. Apalagi melihat mereka yang terkena dampaknya. Biasanya tidak sedikit orang yang acuh atau cuek menyikapinya. Sikap kita seharusnya membantu dan saling tolong menolong. Bisa dengan melakukan evakuasi terhadap korban di tempat terjadinya bencana, atau melakukan penggalangan dana. Dan mungkin sikap yang paling tepat yang harus kita semua lakukan adalah berintrospeksi diri. Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa banyak penyebab bencana itu datang. Dari manusia, alam, dan keduanya.


Hasil gambar untuk manusia dan penderitaan



0 komentar:

Posting Komentar

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda